Home » , » Mengintip kegiatan dan lomba marching band tingkat TK dan kategorinya

Mengintip kegiatan dan lomba marching band tingkat TK dan kategorinya

Written By Unknown on Wednesday, June 12, 2013 | 10:25 PM

kegiatan dan lomba marching band tk
Kegiatan dan lomba marching band tk
Kegiatan marching band bagi anak-anak bukanlah hal yang asing lagi bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Kegiatan ini biasanya menjadi ekstrakurikuler di sekolah TK, SD, dan seterusnya. Banyak manfaat dari kegiatan ini diantaranya melatih sportifitas anak, sosial, kerjasama, mental berlatih dan bertanding/berlomba, kegiatan fisik untuk melatih kemanpuan jasmani, ketelitian, seni, keterampilan, dan masih banyak lagi.

Beberapa waktu lalu telah diselenggarakan lomba marching band TK tingkat lanjut se-DIY Jateng. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung KONI atau GOR Pangukan, Sleman, Yogyakarta. Lomba ini dilaksanakan dalam rangka hari jadi kota Sleman. Banyaknya peserta menyebabkan ramainya tempat ini. Perlombaan pun dilaksanakan dalam bebearapa hari.

Saya sendiri adalah salah satu orang tua yang baru mengenal kegiatan ini. Kebetulan anak saya memang sedang sekolah di salah satu TK di yogyakarta. Anak saya masih duduk di kelas A atau 0 kecil. Banyak sekali kegiatan yang difasilitasi oleh TK tersebut dan salah satunya adalah kegiatan drumband atau marching band.

Drumband adalah bagian dari marching band. Menyebut kata drumband berarti hanya terfokus pada alat drumbandnnya saja, sedangkan istilah marching band merujuk pada keseluruhan kegiatan tersebut yang meliputi drumband dan alat musik selain drumband, mayoret, penari, dsb. Dengan demikian istilah marching band menjadi lebih tepat digunakan karena mencakup seluruh aspek dari kegiatan tersebut.

Alhamdulillah, pada acara yang di selenggarakan pada 9 Mei tersebut, kami mendapat kabar yang menggembirakan. TK tempat anak saya sekolah mendapatkan juara umum 2 meliputi beberapa juara per kategori berikut: Juara 1 General Effect, Juara 1 Colour Guard, Juara 2 Display Marching Performance, Juara 3 Analisa Musik, dan Juara 3 Paramanandi. Awalnya saya dan istri juga bingung, anak saya yang biasanya sebagai penari masuk masuk kategori yang mana ya. Setelah cari info tentang penjelasan masing-masing kategori lomba marching band tersebut, baru sadar kalo anak kami juara 1, yaitu juara 1 kategori Colour Guard yang sederhananya berarti pengawal bendera.

Bagi para orang tua yang anaknya pernah mengikuti lomba, pernah juara, atau suatu hari nanti anaknya akan mengikuti kegiatan serupa berikut penjelasan tentang setiap kategori yang biasanya dilombakan pada kegiatan marching band:

General Effect

General effect adalah aspek penilaian secara umum, secara harfiah dapat diartikan efek umum yang dihasilkan dari aktivitas marching band tersebut. General effect meliputi faktor seni dan estetika secara keseluruhan saat dilakukannya pertunjukkan. Seperti Anda ketahui saat marching band tidak sekedar lantunan musik saja, tapi ada juga baris-berbaris, perubahan formasi, dll. Semuanya itu akan menghasilkan nilai seni.

Colour Guard

Awalnya saya salah persepsi tentang kategori ini, saya pikir ada hubungannya dengan warna. Tapi karena penasaran, istri saya coba buka kamus, ternyata colour guard adalah dua kata frasa yang memiliki arti sendiri, yaitu pengawal bendera. Sekilas maknanya terlalu sempit jika hanya diartikan sebagai pengawal bendera, padahal tugas penari pada marching band sangatlah banyak, di antaranya ada menari, menari dengan membawa holahop, melakukan atraksi berpindah-pindah, dan tentu saja juga menari dengan menggunakan bendera. Ini hanya sebatas apa yang diterapkan pada marching band tingkat TK, sebenarnya colour guard jauh lebih luas dari itu bila Anda melihat pertunjukkan marching band oleh remaja atau orang dewasa.

Display Marching Performance

Kategori ini meliputi penampilan secara keseluruhan. Berbeda dengan general effect yang fokus pada aspek seni dan estetika, display performance lebih kepada bagaimana performa baris berbaris, perubahan posisi baik individu maupun kelompok, semangat, kerapian barisan, dll yang berhubungan dengan performa saat pertunjukkan.

Analisa Musik

Kategori ini hanya berhubungan dengan musik yang dihasilkan, sehingga kategori ini merujuk pada penilaian permainan drumband dan alat-alat musik lain yang digunakan saat pertunjukkan marching band

Paramanandi dan/atau Paramananda

Paramanandi adalah mayoret perempuan dan Paramananda adalah mayoret laki-laki. Kategori hanya khusus untuk mayoret.

Apa saja kategori yang dilombakan tergantung pada pelaksana lomba tersebut. Kategori yang saya sebutkan di atas hanya sebatas yang saya tau saja. Bagi Anda para orang tua yang anaknya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler drumband, khususnya para ibu yang biasanya mendampingi anak-anak saat latihan, keberhasilan anak dalam latihan dan juga lomba sangat bergantung pada orang tua yang mendukungnya. Pendampingan dan bimbingan yang sungguh-sungguh sangat menentukan keterampilan dan kekompakan anak-anak dalam memainkannya. Memang sangat melelahkan karena harus latihan setidaknya tiga kali dalam satu minggu yang kadang dilakukan pada siang hari meskipun di dalam ruangan atau gedung. Anak-anak juga lelah, tapi dengan semangat dan terbiasanya anak-anak justru mereka malah senang. Manfaat dari kegiatan marching band yang saya sebutkan di awal artikel ini pun akan benar-benar didapatkan oleh anak-anak.

Ada satu kalimat yang sangat menarik saat istri saya mengabarkan pada anak saya bahwa tim mereka mendapatkan juara 2, anak saya bilang:

"Juara dua?... kok gak juara tiga?..."

Ternyata dia belum paham arti juara atau menang dalam berlomba. Mereka mau dan semangat mengikuti kegiatan dan lomba marching band tersebut karena serunya kegiatan tersebut bersama teman-teman mereka. Bahkan setelah diperlihatkan video rekaman penampilan mereka, komentarnya:

"Ternyata bagus ya bu..."

Jadi selama ini mereka gak sadar bahwa aktivitas mereka berpindah-pindah di lapangan membentuk formasi, mengikuti musik dan menari menghasilkan sesuatu yang bagus dan sangat menarik.

Kesimpulannya kegiatan dan lomba marching band membuat anak senang karena kegiatannya, orang tua pun senang karena prestasinya.

0 comments:

Post a Comment