Home » » Pernahkah Anda menghitung kalori makanan yang Anda makan setiap hari?

Pernahkah Anda menghitung kalori makanan yang Anda makan setiap hari?

Written By gena deltes on Monday, July 8, 2013 | 7:19 AM

Jika Anda berbelanja makanan kemasan, cobalah sejenak memerhatikan apa yang tertera pada bungkus kemasan tersebut. Hampir semua makanan tersebut menampilkan data tentang kandungan gizi makanan tersebut. Salah satu yang selalu disebutkan adalah jumlah kalori yang dikandung pada makanan tersebut. Pernahkah Anda membaca jumlah kalori tersebut setiap sebelum Anda memakannya? Bila tidak membacanya, bisa dipastikan Anda juga tidak pernah menghitung kalori setiap makanan harian Anda.

Dapat dipastikan hanya segelintir orang yang memerhatikan data tersebut. Kebanyakan masyarakat hanya memakan saja apa yang mereka beli. Tahukah Anda kenapa data itu selalu ditampilkan? Data kalori tersebut sangatlah penting bagi kesehatan. Anda mungkin pernah mendengar ungkapan orang yang pernah Anda temui seperti "nggak makan, cuman ngemil tapi badan tambah gemuk". Itu bukan sekedar ucapan, tapi itu adalah fakta yang sesungguhnya terjadi. Gemuk atau kurus bukan soal makan nasi atau cemilan, tapi gemuk dan kurus berkaitan dengan kadar kalori yang masuk ke dalam tubuh. Meskipun ada juga faktor lain seperti faktor genetik, tapi faktor ini hanya berperan pada sebagian kecil manusia. Faktor utama justru karena asupan kalori yang tidak terkontrol dengan baik.

Agar Anda benar-benar memahami arti penting kadar kalori pada makanan, saya akan tunjukkan dengan contoh sederhana. Rata-rata kebutuhan kalori manusia setiap hari adalah 2000 kalori. Kebutuhan Anda bisa jadi lebih tinggi atau lebih rendah tergantung aktivitas, berat badan, umur, jenis kelamin, dll. Jika dibagi 3 kali makan, maka dibutuhkan sekitar 650 kalori setiap kali makan. sepiring nasi takaran sedang mengandung sekitar 300 kalori. Daging ayam potongan sedang mengandung sekitar 150 kalori. Sayuran satu porsi makan rata-rata sekitar 50 - 80 kalori. Dan minuman seperti juz berkisar 100 kalori, tergantung jenis buah dan kadar gulanya, total satu kali makan sudah mencapai 650 kalori. 3 kali makan dengan porsi seimbang seperti ini sudah memenuhi 2000 kalori. Lalu bagaimana jika makan cemilan misal pukul 9 atau pukul 10 pagi, pukul 3 atau pukul 4 sore, dan mungkin malam pukul 8 atau 9. Misalkan saja Anda hanya makan cemilan sekali pada sore hari. Makanan cemilan tersebut mungkin berupa kacang kulit, yang hanya segenggam saja dapat mengandung 150 kalori. Mungkin juga sepotong brownies berkisar antara 100 - 150 kalori. Atau 2 lembar roti tawar yang dapat memiliki antara 250 - 300 kalori. Itu baru satu kali ngemil, bagaimana jika 2 atau 3 kali, atau bagaimana jika porsi dan variasinya lebih banyak. Bisa jadi kalori yang dimasukkan ke dalam tubuh mencapai 3000 kalori. Jika rata-rata per hari kebutuhannya hanya 2000, maka 1000 kalori akan dikonversi menjadi lemak dan disimpan ke dalam tubuh. Itulah sebabnya banyak orang yang tidak bisa menurunkan berat badannya karena tidak memerhatikan kadar kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jadi bukan makannya yang dikurangi, tapi perhatikan seberapa besar kalori yang ada pada makanan yang dimakan.

Sebagai bahan renungan bagi Anda yang masih ragu. Perhatikan makan malam Anda, misalkan saja satu porsi nasi goreng. Satu porsi nasi goreng dilengkapi dengan sebiji telur, beberapa potong ayam. Nasi goreng tersebut tentu dibumbui dengan saos tomat, digoreng dengan minyak goreng. Anda mau tau berapa kadar kalorinya?... Satu porsi nasi goreng tersebut bisa mencapai 900 kalori. Hmmm.. angka yang menarik. Bagaimana jika setelah makan nasi goreng Anda minum juz alpokat? juz alpokat dapat mengandung 300 - 350 kalori. Setelah makan malam Anda mungkin hanya duduk-duduk santai kemudian tidak lama setelah itu tidur malam. Lalu untuk apa kalori sebanyak itu?... sudah barang tentu akan ada banyak energi yang tersisa yang akan diubah menjadi lemak di bawah kulit tubuh Anda. Oleh karena itu mulailah dari sekarang memerhatikan setiap kalori yang Anda makan. Setidaknya untuk beberapa makanan yang kadar kalorinya cukup tinggi.

0 comments:

Post a Comment