Home » » Ringkasan berbagai pukulan pada permainan bulu tangkis

Ringkasan berbagai pukulan pada permainan bulu tangkis

Written By gena deltes on Sunday, April 28, 2013 | 8:04 AM

pukulan badminton dan pengembangannya
pukulan badminton dan pengembangannya
Saya pernah menulis tentang berbagai macam pukulan bulu tangkis, pada artikel tersebut saya tuliskan dengan lengkap penjelasannya, nah kali ini saya ingin menuliskan daftar pukulan bulu tangkis agar pembaca dapat dengan mudah mengetahui nama-namanya sebelum memahami lebih detil dalam prakteknya.

Pukulan utama dalam permainan bulu tangkis:

  1. Clear (kadang disebut pukulan lob)
  2. Flick (kadang disebut pukulan lob)
  3. Smash
  4. Drop Shot
  5. Net Shot
  6. Net Kill
  7. Drive
  8. Push
  9. Service
Nah kesembilan pukulan tersebut sudah saya jelaskan dan beberapa saya berikan contohnya dalam gambar di artikel jenis pukulan bulu tangkis. Sebenarnya dari pukulan tersebut dapat dikembangkan menjadi beberapa variasi sebagai berikut:

  1. Overhead - Pukulan overhead adalah pukulan di atas kepala, biasanya digunakan untuk menyebut overhead clear, overhead drop shot
  2. Backhand - Pukulan backhand adalah pukulan dengan tangan kanan tapi dari posisi sebelah kiri sehingga tangan membelakangi arah pukulan, biasanya digunakan untuk menyebut backhand clear, backhand smash, backhand net kill, backhand drive, backhand net kill, backhand net shot, dan backhand drop shot, semua pukulan yang dapat dilakukan dari arah backhand akan masuk kategori ini.
  3. Forehand - Pukulan ini berkebalikan dengan backhand, yaitu memukul dengan tangan kanan dari arah kanan sehingga bagian depan tangan menghadap ke arah pukulan, semua pukulan dari arah kanan dapat dimasukkan ke kategori ini.
  4. Underhand - Pukulan ini adalah pukulan dari bawah, atau bila posisi memukul di bawah bahu, pukulan yang dapat dikategorikan ke underhand adalah, service, flick, net shot, push, dan drive
  5. Cross - Pukulan cross adalah pukulan menyilang, misal dari arah kanan lapangan ke arah kiri lapangan lawan atau dari arah kiri lapangan ke arah kanan lapangan lawan. Pukulan yang dapat dilakukan dengan cross biasanya: forehand cross smash, cross drop shot, cross drive, flick, clear, dan cross net shot
  6. Smash return - Pukulan untuk mengembalikan smash, ada yang berupa pukulan standar seperti smash return dengan drive atau dengan flick dan juga clear, tetapi ada juga yang khusus untuk pengembalian smash saja, yaitu mengembalikan cock sehingga cock tepat jatuh di dekat net lawan, ini berbeda dengan drop shot karena drop shot biasanya dipukul dari atas kepala, berbeda juga dengan net shot karena net shot dipukul dekat dengan net, smash return ini dipukul dari bawah tangan di posisi tengah lapangan dan cock akan jatuh di dekat net lawan.
  7. Terkadang beberapa pukulan diatas masih dapat dipadukan misalnya, overhead backhand clear yang artinya memukul dari atas kepala dengan cock ada di sebelah kiri lapangan sehingg dipukul dengan backhand dan jenis pukulan adalah clear yaitu menuju ke posisi paling belakang lapangan lawan. Begitu juga pukulan lainnya, seperti underhand cross net shot yaitu memukul dari arah bawah dengan pukulan net shot dan menyilang ke arah lapangan lawan.
  8. Pukulan menyapu - Pukulan ini digunakan untuk menghalau netting yang terlalu mepet dengan net, sehingga tidak ada cara lain untuk memukul kecuali dengan cara menyapunya, menyapu maksudnya mengayunkan raket tetapi tidak mengenai cock dengan persis, hanya melewati di dekatnya, tetapi karena menimbulkan hembusan angin tipis, sehingga cock yang mau jatuh kembali berbalik ke daerah lawan.
Itulah beberapa pengembangan dari pukulan-pukulan bulu tangkis, sekali lagi saya sarankan agar Anda juga membaca tentang Berbagai Jenis Pukulan pada Permainan Bulu Tangkis agar Anda benar-benar mengerti setiap pukulan pada bulu tangkis tersebut.

0 comments:

Post a Comment