Home » , » Cara Mematikan Komputer dengan Klik Kanan

Cara Mematikan Komputer dengan Klik Kanan

Written By Unknown on Tuesday, December 6, 2011 | 11:00 PM

Cara Mematikan Komputer dengan Klik Kanan

Shutdown
Assalammualaikum wr. wb.
Salam sejahtera untuk Sobat blogger semua. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi ilmu tentang trik / cara mematikan komputer dengan klik kanan. Selalu banyak cara dalam memodifikasi komputer. Mulai dari modifikasi perangkat keras (hardware)      dengan cara membeli perangkat keras baru hingga modifikasi perangkat lunak (software) dengan menggunakan perangkat lunak tambahan.
Namun modifikasi yang sering terjadi dan dilakukan terhadap komputer sering terlihat di sisi perangkat lunak itu sendiri. Hal tersebut dapat dilihat dari penambahan perangkat lunak tambahan seperti aplikasi pengolah kata, aplikasi pengolah database dan aplikasi pemrograman. Terkadang     seorang pengguna komputer merasa tidak puas dengan tampilan standar yang diberikan oleh   sistem operasi itu sendiri. Maka mereka sering melakukan modifikasi sistem operasi dengan    menggunakan aplikasi tambahan atau melalui fasilitas yang ada di sistem operasi itu sendiri, seperti: regedit, mmc dan lain-lain.

Salahsatu contoh modifikasi sistem operasi dengan menggunakan fasilitas lainnya yaitu dengan memanfaatkan bahasa pemrograman yang sudah ada pada sistem operasi itu sendiri. Windows merupakan salahsatu sistem operasi yang memiliki bahasa pemrograman built-in. Beberapa bahasa perograman yang berada di Windows dan bersifat Client-Side diantaranya yaitu JavaScript dan VBScript.
Trik yang satu ini pernah dimuat di Tabloid PCplus pada edisi 287 (10 - 23 Juli 2007) di rubrik trik.
Salahsatu bentuk implementasi dari modifikasi sistem operasi dengan menggunakan fasilitas yang   ada pada sistem operasi itu sendiri, maka pada trik kali ini akan dipraktekkan secara langsung tentang bagaimana cara membuat sebuah program dengan menggunakan JavaScript yang mampu menciptakan sebuah shortcut dan berguna dalam menonaktifkan komputer. Ingin mengerti cara  membuat serta menggunakannya? Silahkan cermati petunjuk ringkas yang menarik ini dan praktekkanlah dengan cara mengetikkannya pada editor kesayangan anda. 

Cobalah salin script program berikut ini dengan menggunakan Notepad lalu simpan dengan nama  KomputerTidur.js, kemudian ubah Save as type yang tadinya Text Documents (*.txt) menjadi All Files.
Agar tidak terjadi kesalahan pada saat pengetikkan program alangkah baiknya jika fasilitas Word   Wrap yang ada di Notepad di nonaktifkan terlebih dahulu sebelum pengetikan script program.

var vbCancel = 2;
var vbYesNoCancel = 3;
var vbYes = 6;
var vbNo = 7;
var vbQuestion = 32;
var vbInformation = 64;
var natan = WScript.CreateObject('WScript.Shell');
var kata = '.:: http://ikatama.wordpress.com ::.';
var pesan1 = 'Pilihlah opsi berikut ini:\n'+
                 '--------------------------\n\n'+
                 '1. Klik ["Yes"] -> untuk Pasang.\n'+
                 '2. Klik ["No"] -> untuk Copot.\n'+
                 '3. Klik ["Cancel"] -> untuk Berhenti.\n\n'+
                 '>> Pilihan Anda? <<'
var tanya = natan.popup(pesan1,0,kata,vbYesNoCancel+vbQuestion);
if (tanya == vbYes)
{
natan.RegWrite('HKCR\\Directory\\shell\\mati\\',
                   '> Matikan Windows!','REG_SZ');
natan.RegWrite('HKCR\\Directory\\shell\\mati\\command\\',
                   'shutdown.exe -s -t 0','REG_SZ');
natan.RegWrite('HKCR\\Drive\\shell\\mati\\',
                   '> Matikan Windows!','REG_SZ');
natan.RegWrite('HKCR\\Drive\\shell\\mati\\command\\',
                   'shutdown.exe -s -t 0','REG_SZ');
pesan2 = 'Selesai di pasang!';
natan.popup(pesan2,0,kata,vbInformation);
}
else if (tanya == vbNo)
{
natan.RegDelete('HKCR\\Directory\\shell\\mati\\command\\');
natan.RegDelete('HKCR\\Directory\\shell\\mati\\');
natan.RegDelete('HKCR\\Drive\\shell\\mati\\command\\');
natan.RegDelete('HKCR\\Drive\\shell\\mati\\');
pesan3 = 'Selesai di copot!';
natan.popup(pesan3,0,kata,vbInformation);
}
else
{
pesan4 = 'Berhenti!';
natan.popup(pesan4,0,kata,vbInformation);
 }

Carilah file yang bernama KomputerTidur.js. Kemudian Klik dua kali pada ikon file tersebut untuk    menjalankannya. Program diatas juga dapat dijalankan melalui Command Prompt dengan mengetikkan perintah: cscript KomputerTidur.js. 

Cara melihat perubahannya yaitu cobalah klik kanan di Start Menu, atau di salah satu drive maupun folder  yang terdapat di Windows Explorer. Disana anda akan melihat sebuah shortcut yang dapat anda klik untuk menonaktifkan komputer. Jika tidak menginginkan  shorcut tersebut tampil   di Start Menu atau Windows Explorer, silahkan klik tombol No untuk menghapusnya. Tetapi jika tidak ada keinginan untuk mengeksekusi program tersebut, silahkan klik tombol Cancel untuk keluar. Program diatas sangat aman dan telah diujicoba di sistem operasi Windows XP Professional Service Pack 2. Sangat mudah dan cepat bukan? Hanya ini yang dapat saya sampaikan pada postingan cara mematikan komputer dengan klik kanan, mohon maaf atas segala kekurangannya.
Wassalammualaikum wr. wb.

.: Semoga Bermanfaat :.

0 comments:

Post a Comment