Home » » Internet banking mandiri error terus dan solusinya

Internet banking mandiri error terus dan solusinya

Written By Unknown on Friday, May 24, 2013 | 8:56 AM

token mandiri
token mandiri baru saya
Akhirnya token internet bangking mandiri saya diganti juga dengan yang baru, sebuah harapan yang tercapai setelah sejak lama bermasalah. Anda salah satu dari korban internet banking mandiri? yang selalu error dan setiap komplain diaktifkan kembali lalu error lagi. Bila Anda pernah mengalaminya, artikel ini akan membantu Anda dan memberikan solusi atas permasalahan internet banking mandiri yang error berkali-kali.

Berikut ini asal-muasal perjalanan panjang token mandiri saya. Saya menggunakan token mandiri untuk transaksi internet bangking sejak tahun 2009. Selama dua tahun kemudian hingga 2010 akhir saya rutin menggunakannya, biasanya saya gunakan untuk deposit pulsa. Awal 2011 mulai muncul tanda-tanda tidak beres, saat saya menggunakan internet bangking mandiri, challange code yang di-generate oleh token dianggap salah, bahkan sampai tiga kali, padahal saya biasanya hampir tidak pernah salah, rata-rata hanya sekali sudah benar, karena kode captcha-nya mudah sekali dibaca.

Karena dianggap terjadi kesalahan memasukkan kode challage dari token sebanyak tiga kali, maka akhirnya token mandiri saya terblokir. Saya pun lapor ke cabang mandiri terdekat dan token saya di-reset ulang. Saya dapat menggunakannya kembali dengan normal. Suatu hari kemudian saya ingin menggunakannya kembali untuk tranfer lewat  internet banking. Biasanya saya gunakan dengan selang waktu kurang lebih satu bulan. Kode dari token dianggap salah lagi, dan lagi-lagi token mandiri saya terblokir lagi.

Karena token mandiri saya error terus, saya akhirnya malas, pasalnya untuk komplain saja harus antri lama sekali, hitungan jam. Saya juga mulai ragu, jangan-jangan setelah ini juga terjadi eror lagi pada token saya.

internet banking mandiri sering error
internet banking mandiri sering error


Di lain kesempatan saya berpikir lagi, sepertinya saya juga tidak mungkin menghindari ini, karena transfer lewat atm juga ribet, harus nyari atm, dll. Akhirnya saya pun mencoba kembali untuk mengaktifkan token mandiri saya. Saya dapat menggunakan internet banking mandiri saya lagi untuk transfer. Tapi lagi-lagi nasib memang lagi sial. Kejadiannya selalu sama, kode dari token dianggap salah terus saat digunakan di bagian input kode ketika hendak melakukan transaksi internet banking.

Tak habis pikir dan sampai akhir 2012 saya tidak punya ide dengan masalah token yang error ini. Saya juga sudah coba cari di google dengan kata kunci seperti "Internet banking mandiri sering error" atau "Internet banking mandiri error terus". Ternyata memang ada beberapa orang yang mengalami masalah yang sama. Tapi informasinya masih sangat minim, waktu itu tidak ada yang dapat saya lakukan untuk mengatasinya.

Dengan rasa serba salah, antara kebutuhan dan frustasi, saya coba memikirkan apa solusinya. Awal 2013 saya mulai lebih sering melakukan transfer lewat atm, terpikir kembali untuk mengusahakannya. Dengan penuh harapan saya mencoba komplain lagi ke kantor cabang berbeda, dengan sabar menunggu antrian. Tapi sebelum itu saya sudah persiapkan strategi. Bila pengalaman selama ini token mandiri saya selalu bermasalah, padahal teman saya yang jarang pakai aja sampai sekarang normal-normal aja, tidak cuman satu dua orang, tapi banyak. Jadi saya yakin masalah sebenarnya adalah pasti yang bermasalah token mandiri-nya, bukan internet bankingnya. Jadi target saya adalah token saya diganti dengan yang baru.

Saat bertemu dengan CS bank mandiri, saya jelaskan kronologinya sejak beberapa tahun terakhir. Meskipun si CS tetap berdalih ini dan itu, saya biarkan saja, kunci yang saya pegang adalah, namanya siapa, dan di counter berapa. Saya juga ingat wajahnya, karena jika token ini kembali error, saya akan datang ke orang yang sama. Kenapa saya lakukan ini, percuma saja saya komplain bahkan kalo mau disebut ratusan kali, kalo saya ganti-ganti CS, pasti solusinya cuman 1, tokennya direset ulang.

Faktanya ini terbukti benar, silahkan baca terus hingga akhir artikel ini sampai saya akhirnya mendapatkan token mandiri baru. Setelah direset ulang, token saya gunakan dengan normal. Berselang sekitar satu bulan lebih, masalahnya kambuh lagi yaitu "Wrong Password.(8001)" setalah saya masukkan kode dari token. Dan setelah ketiga kalinya dianggap salah error yang tampil adalah "Identification Error Threshold Reached.(8202)". Setelah saya komplain yang kedua kalinya di tahun 2013, mbaknya bilang token harus digunakan rutin, tiap bulan harus ada transaksi.

internet banking mandiri error
internet banking mandiri error


Oke, saya tetap bersabar, saya catat dan ingat baik-baik, digunakan rutin, sejak itu saya akan mengatur trasaksi saya dalam satu bulan harus ada, misal isi pulsa 25.000 saja tapi dua kali dalam satu bulan. Tepat satu bulan kemudian terjadi error yang sama pada token internet banking mandiri saya. Tapi saya tidak coba sampai 3 kali, hanya satu kali dengan firefox dan satu kali dengan browser chrome. Saat saya lapor, saya diminta untuk mencoba, wah tanda-tanda dipermainkan ini. Dan kok kebetulan disitu bisa ya, waduh payah ini. Mbaknya bilang jika terjadi seperti itu cukup logout saja, lalu login lagi. Padahal saya sudah bilang yang pertama pakai firefox trus logout masuk lagi pakai chrome, masa itu tidak dianggap logout. Bahkan saya sudah coba sampai restart komputer segala. Lagi-lagi mbaknya mencoba berdalih terus dengan mengatakan biasanya itu karena salah kode yang ditulis. Bahkan saya sudah katakan berulang-ulang sejak 2009 saya gunakan itu hampir tidak pernah salah sampai dua kali. 1 kali sudah benar, jangankan kode challage internet banking yang sangat gampang dibaca, saya katakan saya itu orang IT, captcha yang lebih sulit dari itu aja dengan sekali ketik aja saya bisa kok. Itulah komplain saya yang ketiga.

Karena saya sudah mulai ngeyel, dan mbaknya juga harusnya sudah tidak ada alasan lagi, akhirnya ada keberuntungan pada komplain ketiga ini, memang belum diganti, tapi saya dikasihkan nomor telepon HP. Oke saya masih bisa bersabar. Token mandiri saya bawa lagi, saya gunakan seperti biasa untuk transaksi internet banking.


Tepat satu bulan kemudian, token mandiri saya error lagi, dan ini yang keempat kalinya dalam 4 bulan berturut-turut Internet banking mandiri error. 4 kali itu sama mbak CS nya tadi, kalo dari awal error tahun 2011 sudah gak tau berapa kali, mungkin sudah mencapai 10 kali, saya sudah lupa. Akhirnya saya langsung sms. Awalnya saya agak kecewa karena sms pending, jangan-jangan nomor yang dikasihkan salah. Tapi siang hari sms masuk dan ada balasan, oh gitu ya mas, saya bantu aja untuk diganti yang baru, kapan bisa datang ke mandiri.

Wah, lega rasanya, setelah makan siang saya langsung pergi ke bank mandiri. Dengan sedikit rasa kecewa saya melihat mbaknya langsung saja mengambil token di bawah mejanya, lho kok malah kecewa, ya kecewa kerena bulan lalu saya sudah bilang kenapa gak diganti aja tokennya, jawabannya bukan masalah gantinya, tapi stoknya tokennya yang terbatas, dan banyak juga yang minta. Hmm.. tapi ya sudah lah, terserah alasannya apa, yang penting aku inginkan token internet banking mandiri ku gak sering error lagi, dan semoga tidak pernah error lagi.

Itulah cerita panjang tentang internet banking mandiri yang sering error, sebenarnya bukan internet bangking mandirinya, tapi tokennya yang bermasalah. Dugaan saya terjadi ketidaksinkronan antara pengkodean di token dan di server, entah itu berupa produk gagal atau bagaimana saya juga tidak tau. Bagi Anda yang mengalami hal yang sama dengan token internet banking, silakan dicoba langkah-langkah yang sudah saya lakukan. Semoga berhasil diganti dengan token yang baru. Terus terang saya sampai berpikir apa saya bilang aja tokennya hilang atau saya rusak sekalian biar diganti yang baru, tapi mikir lagi nanti malah gantinya justru 100.000, daripada habis duti tidak ada jaminan juga diganti yang normal, mending bersabar dan sedikit ngeyel.

2 comments: