Home » » Tutorial membuat web dengan wordpress offline

Tutorial membuat web dengan wordpress offline

Written By gena deltes on Saturday, May 4, 2013 | 12:18 AM

tutorial membuat web dengan wordpress offline
tutorial membuat web dengan wordpress offline
Anda sedang belajar wordpress? tapi terkendala dengan koneksi internet dan hosting tempat meletakkan wordpress tersebut biar bisa berjalan? Anda sedang berada di artikel yang tepat, saya akan berikan secara ringkas Tutorial membuat web dengan wordpress offline.

Wordpress itu dirancang menggunakan pemrograman PHP, dan skrip PHP tersebut akan berjalan di environment berbasis web. Kenapa wordpress yang diletakkan di hosting bisa berfungsi itu karena setiap hosting menyediakan PHP dan environment berbasis web.

Bagaimana caranya agar wordpress dapat dijalankan secara offline? Agar Anda dapat membuat web dengan wordpress offline, Anda juga harus membuat kondisi yang sama di komputer Anda. Ini bisa dilakukan meskipun Anda tidak terhubung ke internet dan Anda tidak meletakkan file-file wordpress tersebut di hosting.

Berikut hal yang perlu Anda persiapkan di komputer Anda:
  1. Install PHP - PHP berfungsi untuk menterjemahkan perintah-perintah yang ada di setiap file wordpress tersebut sehingga dapat ditampilkan di browser menjadi tampilan halaman web.
  2. Install Apache - Apache berfungsi sebagai server yang akan berkomunikasi dengan browser saat alamat wordpress tersebut dipanggil di browser.
  3. Install MySQL - MySQL berfungsi sebagai mesin penyimpanan data tempat meletakkan data-data yang berhubungan dengan wordpress tersebut seperti user dan password.
  4. Install Wordpress - Melakukan instalasi wordpress sesuai dengan yang kita inginkan
Tutorial membuat web dengan wordpress offline

Nah, poin 1 - 3 dapat diinstal sendiri-sendiri, tetapi dapat juga diinstal sekaligus. Bila sendiri-sendiri maka Anda harus mendownloadnya satu persatu dari websitenya. Bila ingin praktis, Anda dapat menggunakan XAMPP, WAMP, dan sejenisnya, program ini menyediakan ketiga perangkat tersebut hanya dengan sekali intall. Setelah itu Anda tinggal melanjutkan ke step ke-4 yaitu menginstall wordpressnya, setelah selesai instalasi wordpress maka Anda sudah dapat mencobanya di browser secara offline. Jika Anda masih awam dengan wordpress, Anda dapat menyimak ulasan saya pada artikel Tutorial lengkap full video membuat web dengan wordpress.

Demikianlah Tutorial membuat web dengan wordpress offline yang saya buat cukup ringkas tapi langsung menjawab pertanyaan Anda. Selamat mencoba

0 comments:

Post a Comment