Home » » Cara membangun rumah sendiri agar biayanya murah bagian 3

Cara membangun rumah sendiri agar biayanya murah bagian 3

Written By gena deltes on Tuesday, May 14, 2013 | 7:11 AM

Bagi yang pertama kali berkunjung ke website ini, silahkan baca dua artikel saya sebelumnya membangun rumah bagian 1 dan membangun rumah bagian 2 tentang Cara membangun rumah sendiri agar biayanya murah. Pada bagian 3 ini saya akan berbagi tentang penentuan siapa yang akan membangun rumah Anda agar biayanya murah.

Berikut beberapa alternatif pelaksana pembangunan rumah:

  1. Cara membangun rumah termahal - menyerahkan pekerjaan pembangunan rumah ke pengembang atau developer rumah, ini adalah cara yang paling mahal dalam membangun rumah. Hindari cara ini kecuali Anda memang memiliki uang yang memadai
  2. Cara membangun rumah moderat - mencari mandor untuk pembangunan rumah, mandor adalah seseorang yang memiliki modal cukup yang memiliki pegawai tukang sedikit atau banyak tergantung kapasitas dan kemampuan modalnya. Biasanya mandor hanya mengandalkan pengalamannnya dalam membangun rumah, bukan seorang lulusan ahli teknik sipil atau arsitek. Tetapi pengalaman mandor sama halnya dengan pengalaman tukang, ada yang memang ahli ada juga yang biasa saja. Menggunakan mandor untuk membangun rumah masih relatif mahal, tapi sudah lebih murah dibanding developer rumah. Tidak ada jaminan kualitas kecuali Anda benar-benar mengawasi pekerjaan atau mandor tersebut sudah terpercaya dalam setiap pembangunan rumah.
  3. Cara membangun rumah murah - caranya adalah dengan mencari tukang sudah pengalaman membangun rumah, biasanya tukang ini dihitung harian, untuk saat ini di daerah yogyakarta kisaran 50.000 sedangkan di daerah sumatra kisaran 70.000 per hari. Biasanya minimal 2 orang tukang, karena 1 orang akan kesulitan dan tidak efisien apalagi proses pembangunan rumah sudah mulai ke atas seperti dinding dan atap sehingga harus naik-naik. Cara ini mengharuskan Anda mengerti tentang bahan-bahan dan proses pembangunan rumah, jangan khawatir, Anda bisa mempelajarinya seperti yang saya jelaskan secara sederhana pada artikel Cara membangun rumah sendiri agar biayanya murah bagian 1 dan Cara membangun rumah sendiri agar biayanya murah bagian 2. Terkadang Anda juga perlu belajar saat proses pembangunan rumah tersebut berlangsung. Cara ini juga mengharuskan Anda memantau secara ektra pembangunan tersebut, karena perencanaan, desain, dan juga penentuan bahan dilakukan oleh Anda sendiri, tukang hanya menuruti kemauan Anda, cara ini seperti Anda adalah seorang mandor itu sendiri, mengatur, menentukan, dan mengawasi proses pekerjaan, hingga akhirnya membayar tukang sejumlah hari yang mereka kerjakan. Jika Anda niat, sebenarnya tidaklah sulit, yang penting ada kemauan dan Anda terus belajar dan mencari informasi yang Anda belum tau. Bila Anda beruntung, Anda bisa saja menemukan tukang yang baik dan jujur, mereka seringkali memberi saran atau pandangan tetang bagaimana sebaiknya rumah itu dibuat, ini sangat bermanfaat jika Anda sedang bingung, atau sebagai tambahan referensi jika Anda sudah tau apa yang mereka sampaikan. Cara membangun rumah seperti ini dapat menghemat hingga sepertiganya. Bisa Anda bayangkan betapa murahnya membangun rumah hanya dengan 20 juta bila dibandingkan dengan mandor bisa sampai 40 juta dan bila dengan developer bisa sampai 60 juta.
  4. Cara selanjutnya masih berhubungan dengan cara yang ke-3, untuk lebih menghemat Anda atau keluarga Anda sendiri dapat ikut berpartisipasi dalam pembangunan rumah, serahkan ketapa tukang pekerjaan yang membutuhkan keterampilan khusus, tapi lakukan sendiri pekerjaan yang mudah seperti merangkai kolom besi, membantu mengangkut batubata, membantu mengaduk semen dan pasir, dll. Terdapat banyak sekali pekerjaan yang dapat Anda lakukan tanpa Anda harus banyak belajar, biasanya pekerjaan seperti ini dilakukan oleh pembantu tukang yang gajinya biasanya separuh atau separuh lebih sedikit dari gaji tukang yang ahli. Dengan ikut berpartisipasi dalam pembangunan rumah Anda sendiri, Anda dapat mempercepat pembangunan rumah dan menghemat biaya yang berarti harga pembangunan rumah akan semakin murah.

Tips - wajib dibaca

Selain 4 hal diatas yang perlu Anda ketahui, untuk dapat membangun rumah sendiri agar biayanya murah Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:
  1. Buatlah perencanaan dengan jelas, gambar desain rumah di kertas sebisa Anda menggambar, yang penting jelas Anda mau membangun rumah yang seperti apa, berapa panjangnya, lebarnya, kamarnya, tingginya, bahan yang dipilih apa saja, posis jendela dan pintu, dan semua aspek bangunan harus Anda perhatikan, jika bingung atau tidak tau cari informasi sebanyak mungkin.
  2. Setelah rencana sudah matang, hitung jumlah kebutuhan bahan bangunan, tidak perlu akurat, semampu Anda saja, perkirakan sesuai dengan pemahaman Anda, yang penting jangan asal-asalan. Berapakah besi yang dibutuhkan, berapa pintu dan ukurannya, berapa jendela, berapa bata, berapa sak semen, pasir, batu, atap, dll.
  3. Kumpulkan semua informasi tetang biaya, Anda dapat bertanya ke toko bangunan, tidak usah takut atau malu, mereka akan dengan senang hati menyebutkan biayanya, karena rata-rata harganya tiap toko tidak jauh beda, sebutkan saja baru mau hitung biaya bangun jadi tanya-tanya dulu
  4. Tanyakan ke beberapa toko bangunan, karena meskipun seperti semen atau besi hanya selisih 1000 per barangnya, tapi bila Anda membeli besi 20 batang, semen 30 sak, sudah 50 ribu kan selisihnya?
  5. Hindari terlalu banyak mengubah desain bangunan rumah, ini sering sekali terjadi saat membangun rumah, awalnya pengen A, tapi setelah proses berjalan terpikir kayanya dibuat jadi B bagus deh, akhirnya berubah jadi B, belum jadi terpikir lagi kayanya dibuat jadi C bagus, atau lebih parah lagi kayanya dikembalikan aja seperti A, akhirnya apa, biaya membengkak, rumah pun tidak karuan bentuknya. Bukannya mendapatkan rumah murah, malah biayanya jadi mahal bahkan kadang lebih mahal dari pembangunan dengan mandor atau developer.
  6. Jika uang Anda sangat terbatas, solusinya adalah rencanakan dengan matang rumah dalam jangka panjang, 5, 10, atau 15 tahun kemudian mau dibuat seperti apa, nah dalam prosesnya Anda membangun rumah secara bertahap, bangun sebagian dulu, setelah uang terkumpul lagi lanjutkan lagi. Oleh karena itu untuk bisa berjalan dengan lancar, rencana dan desain Anda harus benar-benar matang, sehingga meminimalisasi pembongkaran yang berlebihan.
Itulah beberapa tips dan Cara membangun rumah sendiri agar biayanya murah bagian 3, lain waktu bisa kita lanjutkan dengan tips-tips lainnya bagaimana agar dapat membangun rumah yang murah dengan hasil yang bagus.

0 comments:

Post a Comment